KETUA DPK LENTERA INDEPENDEN PEMERHATI ASPIRASI NUSANTARA ( LIPAN ) MAROS MARI SUKSESKAN PRA PENAS DI KAB. MAROS

Transnusi.com Maros Ketua LIPAN Maros Muh. Tahir menyayangkan adanya indikasi tdk transparannya Panitia Pra Penas terkait Soal Biaya Home Stay

Pra Penas (PraPekan Nasional) akan dilaksanakan di Kabupaten Maros pada tanggal 24 s/d 27 Juni 2022 yang berpusat dilapangan Pallantikang Maros.

Bacaan Lainnya

Pra Penas akan diikuti oleh kurang lebih 5000 orang peserta utama dan 10 ribuan peserta pendamping dari berbagai provinsi dan kabupaten.

Dalam Pra Penas ada berbagai kegiatan yang dilakukan, seperti : Temu Wicara dengan Bpk Menteri Pertanian dan Pejabat Eselon 1, temu Profesi, Pameran dan Promosi, temu Agribisnis, Studi Banding, dll.

Seperti pada pelaksanaan Penas sebelumnya dan suai Juknis para peserta wajib dari luar provinsi dan kabupaten diinapkan di rumah penduduk/ home stay atau rumah petani dengan harapan ada interaksi dan tukar informasi/ teknologi pertanian antara peserta dengan petani pemililk home stay.

Berdasarkan Juklak dan Juknis Panitia pelaksana serta informasi yg kami dapatkan dari berbagai sumber biaya Transpor lokal dan biaya akomodasi peserta ditanggung oleh peserta. Adapun rincian biaya berdasarkan Juklak, sebagai berikut :
1. Transpor dari bandara Sultan Hasanuddin) ke posko kab (Balla Mabbalanca) 30 rb/ orang.
2  Transpor dari posko kabupaten ke home stay 20 rb.
3. Biaya home stay dgn 2 x Makan 150 rb.

Dari pemantauan dan investigasi kami dilapangan masyarakat sangat antusias menyambut acara Pra Penas . Para pemilik home stay sdh berbenah menyambut tamu. Akan tetapi ada hal yang kami dapatkan dilapangan dimana Panitia Pelaksana atau oknum KTNA tdk transparan soal biaya Home Stay. Dari berbagai pemilik home stay yang kami kunjungi mengatakan bhw mereka hanya akan dibayarkan Rp. 100.000/ orang/ hari, umumnya tidak mengetahui bahwa biaya sesuai Juklak adalah  Rp.150.000. Perlu berhati hati soal pemotongan biaya home stay karena ada beberapa peserta yang datang menggunakan dana APBD dan tentunya harus tepat sasaran dan jelas pertanggung jawabannya.

Penentuan home stay pun masih banyak kekurangan mesti segera dibenahi seperti jarak yg cukup jauh dari pusat kegiatan, bahkan ada yg sampai 7 KM, sarana WC yg tdk memadai. Masih ada hame stay untuk 10 s/d 14 orang dengan 1 WC.

Demi memaksimalkan pelayanan kepada tamu semoga pemotongan ini tidak terjadi dan berharap semua pihak baik LSM, unsur Media, APH (Aparat Penegak Hukum), Dinas terkait dan semua lapisan masyarakat berperan mengawasi dan menyukseskan acara Pra Penas ini.

Kepada Bpk. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros selaku penanggung jawab Kabupaten  kegiatan ini harus selalu berkoordinasi dgn Panitia Pelaksana dan memantau progres kegiatan ini.

Sekali lagi kami ingatkan kepada semua pihak yang terlibat baik dalam kepanitian atau LO  baik Kabupaten maupun LO Provinsi untuk tdk main2 dalam pelaksanaan Pra Penas ini. Tidak boleh ada tindakan atau keputusan sepihak yg bisa merugikan peserta maupun tuan rumah/ pemilik home stay.

Mari kita jaga nama baik Maros dan Sulsel. Mari kita bersama sama saling bahu membahu menyukseskan acara ini.

 

 

Laporan : Ilyas / Wempy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.