SHARING SESSION FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN KOTA MAKASSAR

Transnusi.com Makassar Angka kecelakaan pada tahun 2022 di Kota Makassar terus meningkat setelah mobilitas masyarakat kembali normal pasca pandemi Covid-19. Data menyampaikan fakta bahwa penyumbang terbesar angka kecelakaan berada di Kota Makassar yakni di Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Panakukkang, Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Tamalate, serta Kecamatan Rappocini. Angka kecelakaan yang tinggi akan berdampak secara langsung bagi masyarakat Kota Makassar, khususnya dampak ekonomi yang akan dirasakan korban serta keluarga korban laka lantas. Melihat fenomena tersebut, Forum Lalu Lintas Jalan dan Angkutan Jalan Kota Makassar melaksanakan kegiatan sharing session pada hari Rabu (21/9) bertempat di Warkop Papa Ong, Jalan Rusa No. 33 Kota Makassar.

Forum Lalu Lintas Jalan dan Angkutan Jalan merupakan wadah untuk berkoordinasi antar instansi terkait dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Forum ini terbentuk sebagai upaya memajukan kesejahteraan umum dan untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, lancar, tertib dan terjamin keselamatan.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kegiatan sharing session ini Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Hendriawanto S.E., beserta jajaran, Wakaasatlantas Polrestabes Makassar, AKP Semuel Po’longan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim, Kasie Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Darlis, Kepala UPTD War Room Dinas Kominfo Kota Makassar, Zulkarnain, serta Kabid Moda Transportasi Dinas Perhubungan Kota Makssar, Jasman.

Dalam kesempatan itu masing-masing anggota forum sesuai tupoksinya menyampaikan upaya-upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dinas Pendidikan Kota Makassar menyampaikan ada program “Jagai Anak Ta’”, yaitu himbauan kepada orang tua siswa menjaga anak untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor sebelum memiliki SIM, Dinas Perhubungan Kota Makassar menyediakan bus sekolah gratis dan program “Pasikola” yaitu Petepete yang mengantar anak sekolah secara gratis.

Dilanjutkan dengan Dinas PU Kota Makassar yang telah melakukan perbaikan jalan di wilayah Kota Makassar setiap ada keluhan dari warga, UPT War Room Diskominfo Kota Makassar turut berupaya memberikn awareness kepada masyarakat untuk taat berlalu lintas melalui media sosial setiap harinya, Wakasatlantas Polrestabes Makassar selain memberikan penegakan hukum bagi pelanggaran lalu lintas juga turut melaksanakan sosialisasi ke sekolah tentang keselamatan berlalu lintas.

Hendriawanto berharap semoga kegiatan sharing session ini dapat diinisiasi secara periodik oleh tiap-tiap instansi yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Makassar agar tercipta lalu lintas dan angkutan jalan yang aman dan tertib serta dapat menekan angka kecelakaan. Kedepannya, diharapkan forum ini juga dapat berkolaborasi dengan stakeholder tingkat Provinsi,” Hendriawanto

 

 

Laporan : Sadikin Rahmat

Sumber : Humas Jasa Raharja Kota Makasssar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.